Langsung ke konten utama

Organisasi, Manajemen Kepemimpinan


#Organisasi by wahyuhary @mamduh m.hanafi book
Pengetian : sekelompok orang dua atau lebih yang bekerja sama dan terkoordinasi dengan cara yang terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.
Manfaat organisasi
1.       Organisasi melayani masyarakat
2.       Organisasi mencapai tujuan
3.       Organisasi memberi karir
4.       Organisasi memelihara lmu pengetahuan
Manajemen : proses merencanakan mengorganisr mengarahkan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
Pelaksanaan > pengorganisasian dan pengarahan
Staffing dan leading > (pengarahan)
1.       Perencanaan (planning) > langkah-langkah mencapai tujuan
2.       Pengorganisasian (organzing and staffing) > mengkoordinir sumber daya, tugas, dan otoritas anggota organisasi
3.       Pengaahan (leading) > pembinaan/directing, mempengaruhi/mengajak, memotivasi
4.       Pengendalian (controlling) > menentukan standar.mengukur prestasi.membandingkan prestasi.melakukan perbaikan
5.       Proses (pelaksanaan dalam praktek) > melaksanakan dengan efisien dan efektif secara interaktif

Manajemen
1.       Tingkat atas > konseptual
2.       Tingkat menengah  > hubungan manusiawi
3.       Tingkat bawah > operasional
Problem solving : analisa dan perbaikan

Peran hubungan manusiawi :
1.       Peranan figur bapak
2.       Peranan leader/pimpinan
3.       Peranan penghubung
Peran informasi :
1.       Monitor > aktif mencari informasi dan ilmu pengetahan/wawasan
2.       Deseminasi > distribusi dari proses monitor ke organisasi
3.       Juru bicara > menjadi pembicara/penghubung pihak luar
Peran pengambil kepputusan :
1.       Kewirausahawan (entrepreunership)
2.       Penyelesai gangguan (disturbance hadler)
3.       Pembagi sumber daya (resource allocator)
4.       Perunding (negotiator)

Prnsip manajemen fayol
·         Pembagian kerja
·         Wewenang
·         Disiplin
·         Kesatuankomando
·         Kesatuan pengarahan
·         Kepentingan individu harus tunduk pada kepentingan organisasi
·         Penggajian/pemberian
·         Sentralisasi
·         Garis wewenang
·         Sumber daya
·         Persamaan
·         Stabiitas staf
·         Inisiatif
·         Espirit de corps

Misi>tujuan>strategi>kebijakan(program&anggaran)>prosedur>aturan
Manfaat menentukan tujuan :
1.       Setiap anggota dapat memahami arah organisasi/titik akhir
2.       Perencanaan menjadi terarah
3.       Sebagai motivasi anggota organisasi
Jenis-jenis perencanaan :
·         Strategis > jangka panjang
·         Taktis > jangka menengah
·         Operasional > jangka pendek
Macam perencanaan :
·         Rencana sekali pakai > program,proyek,anggaran
·         Rencana standing > kebijakan,prosedur,aturan


Pengambilan keputusan >  identifikasi masalah > analisis lingkungan (yang relevan) > mengembangkan alternatif > implementasi > monitoring
 2macam keputusan
1.       Keputusan yang terprogram (hasil dari masalah yang sering terjadi)
2.       Keputusan yang tidak terprogram (suatu yang jarang terjadi/problem khusus)
Kendala dalam pengambilan keputusan :
1.       Informasi yang tidak sempurna dan tidak lengkap
2.       Rasionalitas yang terbatas
3.       Cepat puas
Mengatasi> menetapkan prioritas.mencari informasi yang relevan.hati-hati dalam setiap kepentingan
Perencanaan sumber daya manusia>recruitment>seleksi>sosialisasi> pelatihan dan pengembangan>evaluasi prestasi>promosi,transfer,demosi,pemberhentian

Mengatasi penolakan perubahan :
1.       Partisipasi dan keterlibatan
2.       Penerangan dan komunikasi
3.       Fasilitasi dan dukungan
4.       Negoisasi dan perjanjian
5.       Manipulasi dan kooptasi
6.       Paksaan implisit dan eksplisit
Proses perubahan :
·         Mengajak memahami masalah
·         Menjelaskan pentingnya perubahan
·         Membina dan mengajarkan perilaku baru
·         Membuat sikap menjadi norma baru/ kebiasaan/culture organisation

Teknik motivasi
·         Pendekatan tradisional
·         Pendekatan sosial
·         Pendekatan kepentingan
Teori motivasi>kebutuhan>dorongan>tindakan>kepuasan
Motivasi : pengharapan
Stimulus>respons>konsekuensi>respon masa mendatang (mengulangi)

Kepemimpinan : proses mengarahkan dan mempengaruhi aktifitas bawahannya
Sumber kekuasaan/pengaruh
1.       Kekuasaan balasan
2.       Kekuasaan paksaaan
3.       Kekuasaan legitimasi
4.       Kekuasaan refrensi
5.       Kekuasaan kepakaran
6.       Pemimpin akan menggunakan kekuasaannya untuk mempengaruhi
Dua gaya kepemimpinan
1.       Kepemimpinan manusiawi > orientasi pada pengembangan manusia(SDM) dengan cara kerja yang baik
2.       Kepemimpinan pekerjaan >orientasi pada pengembangan pekerjaan dengan pendekatan
Penentuan gaya kepemimpinan
·         Pimpinan
·         Anggota
·         Situasi

Teori kepemimpinan :
1.       Kepemimpinan transformasional atau karismatik>kepentingan
2.       Kepemimpinan psikonalisis>pengalaman
3.       Kepemimpinan romantis>pengikut

Komunikasi : hubungan antara kedua pihak
Efektifitas komunikasi
·         Persepsi
·         Perbedaan bahasa
·         Komunikasi non verbal
·         Reaksi emosional
·         Ketidakpercayaan
Faktor komunikasi
·         Saluran formal
·         Struktur wewenang
·         Spesialisasi kerja
·         Kepemilikan informasi
Metode pengawasan
·         Pengamatan
·         Inspeksi
·         Laporan
·         Evaluasi
·         Diskusi
·         Pengendalian/ improvment
Pengawasan efektif
1.       Sesuai rencana
2.       Sesuai pimpinan
3.       Ekonomis
4.       Tepat waktu
5.       Akurat
6.       Fleksibel
7.       Obyektif dan mudah dipahami
8.       Mengarah pada perbaikan
9.       Fokus pada titik strategis
Mengatasi perlawanan dalam pengendalian
·         Menciptakan sistem pengendalian yang efektif
·         Mendorong partisipasi
·         Manajemen obyektif
·         Menggunakan sistem cek silang
Dimensi kualitas
1.       Prestasi
2.       Tampilan
3.       Keteladanan
4.       Kesesuaian
5.       Tahan lama
6.       Kemudahan perbaikan
7.       Estetis
8.       Kualitas di persepsikan



Postingan populer dari blog ini

Pembagian Profit Yang Fair Dalam Kerjasama Bisnis

Pembagian Profit Yang Fair Dalam Kerjasama Bisnis Sistem bagi hasil merupakan cara yang paling baik dalam hubungan bisnis yang dikelola dua orang atau lebih. Dari beberapa pengalaman kejasama bisnis penulis, ada satu hal yang menarik dan sangat penting untuk ditelaah, yaitu masalah pembagian keuntungan bersih (profit) yang   fair . Contoh kasus berikut berdasarkan pengalaman nyata penulis dengan objek bisnis disamarkan. Penulis mempunyai keahlian dalam memproduksi asam cuka kelapa ( coconut vinegar ), merancang layout tempat produksi, proses produksi, hingga pemasaran. Cuka kelapa adalah objek bisnis yang cukup potensial, karena kualitasnya lebih baik daripada cuka murni ( acetic acid ) yang diencerkan. Cuka ini biasanya ditambahkan ke dalam makanan seperti salad atau bakso. Penulis tidak memiliki dana, tidak ada pilihan lain yang relatif cepat kecuali mengajak seseorang yang memiliki dana sebagai investor untuk menjalankan bisnis tersebut. Selang beberapa waktu setelah penca

Membuat Strategi Marketing

Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses Membangun keikutsertaan pelanggan dapat menjadi hal penting dalam strategi marketing . Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek Anda, maka mereka cenderung akan percaya dan loyal. Namun sangat banyak hal untukmembangun strategi marketing yang baik , dan lebih unggul dari yang dilakukan pesaing. Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi promosi dan   marketing   ini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia pada produk mereka. Berikut adalah delapan hal penting untuk membuat strategi   marketing   dan promosi yang luar biasa: 1.  Fokus pada solusi Inilah apa yang benar-benar dicari pelanggan. Dan ketika ada permintaan, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda berhasil. Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih sering. Berikan target   p

marketing mix

Marketing Mix untuk UKM : Apa dan Bagaimana? Sebagai pemilik UKM, Anda pasti ingin agar usaha yang Anda jalankan cepat berkembang sehingga memberikan Anda keuntungan secara cepat. Berbagai kegiatan   marketing   sudah Anda jalankan, mulai dari online marketing hingga offline marketing , namun terkadang kegiatan tersebut masih belum juga membuahkan hasil yang Anda harapkan. Maka dari itu, Anda harus coba mempelajari teori   marketing mix   agar kegiatan promosi yang dijalankan menjadi lebih efektif. Marketing mix   adalah salah satu teori umum dalam dunia   marketing   yang terdiri dari 4P, yakni   product, price, placement   dan   promotion . Keempat faktor tersebut memiliki pengaruh besar terhadapkegiatan marketing lainya  yang nantinya akan mempengaruhi angka penjualan. Mungkin, di benak Anda, Anda langsung dapat membayangkan bagaimana 4P tersebut mempengaruhi angka penjualan. Anda mungkin membayangkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki fitur yang tepat,